SARIF TAMBAK OSO, Djamil Suherman

Judul/Title: Sarip Tambak-Oso; Kisah-kasih seorang ibu
Penulis/Author: Djamil Suherman
Penerbit/Publisher: Mizan
Edisi/Edition: 1985
Halaman/Pages: 121
Dimensi/Dimension: 12.5 x 18.5 x 0.5cm
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Dijual/For Sale
Harga/Price: Rp. 45.000,-
Call No.:
Status: Ada/Available

***

Tambak-oso adalah sebuah desa yang melahirkan anak-anak negerinya dalam kebodohan dan kemiskinan karena penjajahan Belanda. Namun demikian, di sana ada Sarip, pemuda yang tegar hati, berwatak keras, pantang menyerah terhadap ketidakadilan. Sarip bangkit disebabkan perasaan terjepit dan dendam; ia disokong oleh penduduk desa yang menaruh kebencian terhadap kesewanang-wenangan punggawa pangrehpraja.

Adalah Mbok Rini, seorang janda, yang mematrikan semangat juang di dada putranya, melalui belahan jiwa dan ruhnya. Dengan samangat itu Sarip bangkit dan terus bertempur, sehingga beratus-ratus tentara Belanda menemui ajalnya di ujung cundrik pemuda Tambak-oso ini. Karena kewalahan, Belanda akhirnya memasang jeratnya. Mereka menangkap Samin, kakak Sarip, seorang laki-laki pendiam dan perasa yang taat beribadah, tapi lemah jiwanya. Dengan membujuk pemuda inilah pihak Belanda berhasil menyingkap tabir rahasia kekuatan Sarip, untuk kemudian menumpasnya.

Meskipun akhirnya tewas bersama teman-teman seperjuangannya, namum Sarip sempat menoreh lembaran sejarah desa Tambak-oso dengan darah dan nyawanya.

No comments:

Post a Comment