MENUJU KESEMPURNAAN AKHLAK, Ibn Miskawaih

Judul/Title: Menuju Kesempurnaan Akhlak (The Refinement Character)
Penulis/Author: Ibn Miskawaih
Penerbit/Publisher: Mizan
Edisi/Edition: 1994
Halaman/Pages: 199
Dimensi/Dimension: 15 x 23.5 x 1 cm
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Sewa, Jual/Rent, Sale
Harga/Price: Rp. 97.000,-
Call No.: 194/Mis/m/C.1
Status: Ada/Available

***
Karya Ibn Miskawaih (941-1030 M) --filosof masyhur yang hidup pada Zaman Keemasan Islam-- ini merupakan kitab filsafat akhlak klasik yang amat populer. Disebut-sebut juga bahwa buku Menuju Kesempurnaan Akhlak telah menjadi rujukan utama para penulis kitab akhlak yang datang belakangan. Dalam buku ini, Ibn Miskawaih memadukan kajian filsafat teoretis --yang dikembangkannya dari konsep-konsep filsafat etika Plato dan Aristoteles-- dan tuntunan praktis dengan menekankan segi pendidikan dan pembinaan akhlak.

Buku ini terdiri atas enam bab dan diawali dengan pendahuluan yang mengantarkan para pembaca kepada langkah-langkah yang harus dilalui untuk sampai kepada akhlak yang sempurna. Bab pertama membahas tentang jiwa dan fakultas-fakultasnya; bab kedua tentang fitrah manusia dan asal-usulnya; bab ketiga membicarakan kebaikan dan kebahagiaan; bab keempat membicarakan makna keadilan; bab kelima membahas masalah persahatan dan cinta; sedangkan bab terakhir membahas ihwal pengobatan dan penyembuhan penyakit jiwa.

Sebuah buku yang bermanfaat untuk para pembaca yang ingin mengetahui cara-cara memperbaiki akhlak menurut seorang filosof. Di samping itu, buku ini juga memiliki nilai penting bagi kalangan akademisi yang meminati bidang kajian filsafat etika.

No comments:

Post a Comment