MENJADI ENTREPRENEUR SUKSES, Purdi E. Chandra

Judul/Title: Menjadi Entrepreneur Sukses
Penulis/Author: Purdi E. Chandra
Penerbit/Publisher: Grasindo
Edisi/Edition: 2004
Halaman/Pages: 199
Dimensi/Dimension: 15 x 23 x 1cm
Sampul/Cover: Paperback
Bahasa/Language: Indonesia
Kategori/Category: Sewa, Jual/Rent, Sale
Harga Jual/Sale Price: Rp. 65.000,-
Call No.: 658/Cha/m/C.1
Status: Ada/Available

***
Ketika bisnis negeri ini masih dikuasai konglomerat, orang-orang seperti Purdi E. Chandra dan "raja-raja cash" lainnya di Indonesia sungguh tidak ada apa-apanya. Keberadaan orang seperti itu seakan-akan menjadi pelengkap saja agar bangunan perekonomian nasional tampak ideal: ada pengusaha besar, pengusaha menengah dan kecil. Ajaibnya, ketika sang lokomotif (baca:pengusaha besar) ambruk karena krisis, gerbong-gerbong yang "ditarik" ternyata lancar-lancar saja jalannya. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang melesat.

Jika menurut nama "raja-raja cash di Indonesia tersebut, sebagian besar memulai bisnisnya dari daerah, kemudian baru merambah Jakarta. Namun sebenarnya merekalah yang pantas dijuluki pengusaha sejati. Mereka pandai memilih bisnis masa depan. Jenis usahanya, mungkin bukan sesuatu yang luar biasa. Namun, ternyata barang/jasa yang dihasilkan diminati pasar dan benar-benar menjadi kebutuhan orang banyak.


Hal ini patut direnungkan, jumlah pengusaha yang patut diteladani seperti itu masih terlalu kecil jumlahnya, bila dibandingkan dengan populasi pengusaha di Indonesia. Apalagi, kalau dibandingkan potensi bisnis luar biasa besar yang belum tergarap selama ini di Indonesia.

No comments:

Post a Comment